Logo baru dan tampilan butik di sini adalah pernyataan kuat bahwa ampli St James baru adalah rilis penting untuk Blackstar; jadi apakah ini era baru bagi perusahaan? Iya dan tidak. Model St James mewakili tingkat inovasi baru dari orang Inggris, tetapi di atas kertas kedua ampli gitar ini tampaknya juga didasarkan pada keahlian nada yang sudah dikenalnya.
Nama St James merujuk pada wilayah Birmingham yang secara geografis dan spiritual dekat dengan perusahaan. Apakah kombinasi dari semua ini menghasilkan benchmark baru bagi mereka juga? Tentu saja, kami di sini untuk mencari tahu.
Dua persembahan di sini berbeda; EL-34 coklat kekuningan dan 6L6 St James hitam tersedia dalam kombinasi 50 watt 1×12 dan iterasi kepala. Idenya adalah proposisi akan membuat pilihan pemain menjadi jelas. Blackstar sendiri merangkum model 50/EL34 sebagai ‘platform pedal low gain klasik’, sedangkan 50/6L6 adalah amp ‘klasik US clean, modern high gain’. Manakah dari kamp-kamp yang Anda lihat sendiri? Kami bertanya-tanya apakah garis dapat dikaburkan di antara mereka dalam permainan.
Tapi mari kita ke berita utama di sini; amp ini ringan dengan desain yang detail. Blackstar menyebut St James sebagai valve amp 50W teringan di dunia. Beberapa konteks: kombo Marshall Origin ORI50C sekitar 40lbs, Fender Hot Rod Deluxe IV sekitar 41lbs dan Orange Rockerverb MKII lebih dari 45lbs. Dengan berat 24lbs (11kg) untuk kombo 6L6 dan 13,2lbs (6kg) untuk kepala EL34 di sini (taksi vertikal 212 adalah 29,7lbs), kita dapat membuktikannya; ini pasti melegakan bagi siapa pun yang lelah membawa rig mereka melalui tempat parkir, menaiki tangga… dan ke mana pun realitas manggung dan praktik kehidupan membawa Anda.
Penurunan berat badan adalah hasil inovasi; speaker Celestion Zephyr 12” eksklusif 70 watt, berdasarkan Vintage 30 dan terasa lebih ringan. Namun magnet yang digunakan bukanlah neodyium melainkan ferit tradisional. Selama 36 bulan R&D Blackstar bahkan berhasil meringankan sasis dan memilih menggunakan kemiri untuk tonewood kabinet karena bobotnya yang lebih ringan tanpa mengurangi kekuatan akustik dan fisik secara negatif.
Bahkan trafo keluaran telah dioptimalkan untuk ukuran dan berat. Dan ini menggunakan Teknologi Catu Daya Mode Beralih untuk kompatibilitas tegangan universal. Bahkan berita yang lebih baik untuk pemain yang lebih luas.
Fitur utama kedua adalah sesuatu yang telah kita lihat debutnya pada pedal preamp katup Dept 10 Dual Overdrive dan Dual Distortion Blackstar; Rig Taksi. Ini adalah sistem sim speaker DSP Blackstar – alternatif mereka untuk IR yang memungkinkan pengguna memilih di antara tiga preset pada amp untuk perekaman atau pemantauan langsung. Preset tersebut dapat diedit secara mendalam melalui perangkat lunak Cab Rig yang baru-baru ini kami bicarakan dengan Pengembang Produk Senior Blackstar Alex Gee.
Jadi kami memiliki pembuatan inovatif dan integrasi teknologi pemodelan, tetapi ini adalah ampli katup yang pertama dan terutama.
Dan Blackstar telah merancang mereka untuk menjadi contoh serbaguna; pengaturan output 2-watt untuk power amp mengemudi pada tingkat yang lebih ramah rumah tersedia di samping 50-watt full-fat, tetapi ada pengaturan SAG juga untuk menambahkan kompresi vintage yang akan menjadi pilihan selamat datang untuk semua Anda yang suka musik blues. dan pemain logam.
Ada banyak hal yang masuk ke ampli ini, tetapi saat kita menyalakannya dan menghadapi … fasia kontrol, nada adalah yang terpenting di pikiran kita. Tapi mari kita lihat estetika di sini juga…
Tampilan ampli ini berbeda di lini Blackstar; dan bukan hanya logo baru dan pelat kontrol logam hitam yang disikat. Garis-garis bersih butik mengingatkan orang-orang seperti Matchless dan kami menyukai kepercayaan diri dalam memisahkan kedua model berdasarkan warna; hitam untuk 6L6 dan coklat kekuningan untuk EL34. Ini adalah perpaduan yang menarik antara klasik dan kesederhanaan. Kami pengisap untuk logo yang menyala juga (tetapi Anda akan memerlukan 9V DC terpisah untuk menyalakan logo taksi juga dan kami tidak dapat membayangkan banyak orang mengganggu kecuali untuk pemotretan).
Kepala tabung daya EL34 di sini memiliki dua saluran dan dorongan ujung depan +10db; ia menangani rock gain bersih hingga sedang, sedangkan 6L6 memiliki dua saluran dengan dua suara di saluran kedua – bayangkan rock klasik Inggris beralih ke gain tinggi modern sebagai akibat dari peredam panggung daya.
Dalam istilah kasarnya, Jika Anda menyukai sisi Vox dan Fender dari spektrum nada, EL34 langsung terasa seperti di rumah, sedangkan penggemar Marshall, EVH, dan bahkan Mesa/Boogie mungkin akan tertarik pada 6L6.
Kami sedang menguji ampli ini dengan beberapa gitar listrik yang berbeda; JV baru Fender Modified ’60s Strat dan ’50s Tele, ditambah Gibson SG Special kami sendiri. Dan sejumlah kecil pedal distorsi dan overdrive yang mendukung akan membuat akting cemerlang, yang akan kami referensikan seiring berjalannya waktu.
Dalam mode 50 watt berdaya penuh, EL34 menghadirkan ruang kepala bersih yang akan dihargai oleh para pecandu pedal, tetapi dengan percaya diri mencakup nada indie dan blues. Kejelasan dan pukulan Voxy berlimpah dengan saluran bersuara vintage II yang diaktifkan. Ini bukan amp untuk gain jenuh; itu akan memotong dalam skenario band dengan artikulasi chimey. Ini menjadi lebih dari pukulan usus yang mulia dalam mode SAG. Ini adalah suara yang berguna untuk dipanggil, terutama ketika saluran dua didorong dengan humbucker Gibson kami dan kami menggali.
Definisi menengah amp ini, bahkan dalam mode 2W, menarik beberapa nada paling jelas yang pernah kami alami dengan bucker leher ’59 leher SG Seymour Duncan kami. Fender koil tunggal kami terdengar kaya dan perkusi dalam jangkauan gain yang lebih tinggi, dan pengaturan Bass Blackstar EQ kami yang masuk pada pukul 11, dengan treble dan tengah pada pukul 1 memberikan titik awal yang bagus untuk mulai membentuk masing-masing gitar.
Reverb di sini terasa bagus sekitar pukul 11, bahkan dengan pedal drive, dan memiliki nada dan volume pot yang efisien pada gitar Anda memberi Anda banyak pilihan tanpa stompbox yang terlihat. Jadi sementara kami merasa mudah untuk menyeimbangkan dua saluran footswitchable, kami menikmati memutar kembali gain pada saluran II dengan pot volume Strat Jepang sama banyaknya.
Bagaimana Anda berinteraksi dengan saluran ini juga akan bergantung pada di mana pedal overdrive berada di dunia nada Anda, jika memang ada. Makanan Jiwa EHX Klon-esque kami menyediakan kandidat yang ideal sebagai subjek uji untuk melihat bagaimana kami dapat mendorong EL-34 St James sambil mempertahankan karakternya yang bersemangat. Dan di sinilah menandai ampli sebagai ‘yang antik’ tidak selalu begitu akurat.
Jika Anda berasal dari sekolah di mana berat adalah tentang cara Anda menggunakan gain di samping kekuatan tonal amp, bukan seberapa banyak yang Anda gunakan, Anda akan menghargai betapa hancurnya ampli ini ketika didorong oleh jenis pedal drive yang tepat. Apakah kita akan menggunakannya dengan pedal logam gain tinggi? Mungkin tidak, karena ada begitu banyak pilihan lain untuk selera itu, tetapi terlebih lagi Anda mulai mengesampingkan kualitas hebat St James ini jika Anda menjenuhkannya secara berlebihan.
Namun demikian, kami mendapatkan beberapa nada grunge / alt rock berat yang hebat dengan Lil’ Rat, di mana kami menyeimbangkan saluran kedua dengannya tanpa kehilangan nada menarik yang dibawakan ampli yang akan sangat berharga di atas panggung.
Penghancur Kegelapan. Ini adalah St James yang Anda datangi karena kemahirannya yang tinggi. Saluran bersih AS sama dengan pengaruh Fender tahun 60-an model EL34 tetapi saluran penggeraknya sangat berbeda.
Pikirkan suara pertama saluran overdrive sebagai sisi blues dan rock yang berisi, mengambil tongkat dari sisi gain yang lebih tinggi dari EL34, dengan suara dua sebagai logam. Sebagai ganti bel EL-34, ada low end raksasa di bagian belakang yang dilengkapi dengan fisik artikulasi mid dan high – tidak ada fizziness di sini, teman-teman. Kedengarannya besar untuk logam yang lebih kontemporer.
Pedal dipersilakan untuk pesta di sini juga. Delapan puluh thrash dan penggemar metal klasik mungkin lebih suka menjalankan distorsi atau mengarahkan ke suara pertama Channel II. Kami mendapatkan hasil yang bagus dengan Walrus Audio Iron Horse dengan gain kembali tepat sebelum jam 3 dan Gain II di St James tepat setelah tengah hari (tidak ada Gain I BTW). Tentu saja, ini memiliki suara tambahan untuk mendorong saluran bersih Anda, jika Anda beralih.
Karena karakter low end yang ketat di sini, kami cenderung tidak menggunakan mode SAG di wilayah gain yang lebih tinggi, meskipun itu akan membuktikan opsi yang berguna untuk cita rasa yang berbeda dalam pengaturan studio. Dengan gain yang diputar kembali, ini adalah suara yang luar biasa untuk digali dengan karakter yang lebih bulat, terkompresi lebih lembut, dan lebih vintage dalam pengujian kami. Lebih meningkatkan fleksibilitas di sini.
Elemen digital penting di sini karena melampaui persaingan dalam tingkat kontrol yang ditawarkan pemain untuk nada langsung mereka. Dan jika prosesor pemodelan amp menggunakan fleksibilitas output sebagai nilai jual, mengapa tidak amp katup yang sebenarnya juga?
Kami sudah mendapatkan hasil rekaman yang sangat memuaskan dengan Dept 10 Dual Drive sebagai bagian dari pedalboard ke Logic. Di sini kami dapat langsung membandingkan rekaman mikrofon untuk head / cab EL34 dan kombo 6L6. Seperti kebanyakan orang, kami selalu lebih memilih untuk menggunakan mikrofon taksi saat merekam, kemudian menambahkan sihir reverb nanti, tetapi itu tidak mungkin dilakukan di sebagian besar waktu di rumah sehingga mode 2W dan opsi Rig Kabin di sini tentu saja diterima, tetapi seberapa banyak kompromi adalah yang terakhir?
Kekuatan besar Cab Rig adalah mampu melakukan dial dalam tiga preset onboard yang dapat Anda teliti dan atur dalam perangkat lunaknya yang mudah digunakan; tiga suara berbeda untuk dipanggil dengan beragam jenis kabin, preamp, mikrofon, speaker, dan kamar yang tersedia. Ini adalah serangkaian parameter yang memusingkan pada awalnya, tetapi Anda dapat tetap menggunakan pilihan pabrik untuk memulai.
Cab Rig adalah fitur hebat untuk dilihat di sini karena opsi fleksibilitas tambahan, tanpa mengorbankan penawaran inti dari valve amp dan respons kabin yang sebenarnya
Tidak akan mengejutkan siapa pun yang menghabiskan banyak waktu merekam kabin mikrofon untuk menemukan rasa fisik yang ditangkap dalam nada St James dengan SM57 kami lebih unggul dalam pengujian A/B; lebih cerah, lebih renyah saat dikendarai dan itu juga merupakan pujian bagi taksi yang hebat di sini.
Tapi Cab Rig adalah kompromi yang sangat baik ketika kami mulai mengutak-atik dengan SM57 virtual dan lebih banyak mikrofon dalam perangkat lunak dengan kabin yang berbeda dan kombinasi lainnya. Ada juga opsi untuk menjalankan keluaran Cab Rig ke meja pencampuran secara langsung jika lebih praktis.
Ini adalah fitur yang sangat bagus untuk dilihat di sini karena opsi fleksibilitas tambahan, tanpa mengorbankan penawaran inti dari valve amp dan respons kabin yang sebenarnya. Dan pengulas ini telah bergabung dengan Blackstar Dept 10 Dual Drive dan Cab Rig ke dalam kabin yang aktif dan kami pikir para pemain akan terkejut melihat betapa bergunanya itu.