Blog

nordkeyboard

Digital Piano vs Synth

Tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak yang sulit untuk membedakan antara digital piano (keyboard) dan synthesizer. Apalagi masyarakat awam yang memang tidak mengetahui bahwa ada alat musik yang merupakan turunan dari piano. Ada juga orang yang sudah terbiasa melihat atau memainkan alat musik ini tanpa perlu melihat lebih lama tentunya sudah mengetahui perbedaannya. Sebagai pengetahuan dasar saja, digital piano merupakan alat musik yang diciptakan menyerupai piano dari skala tertentu. Seperti dari jumlah keys, berat keys, suara piano yang dihasilkan, dan lainnya. Sedangkan Synthesizer yang biasa dikenal dengan keyboard synthesizer merupakan perkembangan dari alat musik digital keyboard yang menghasilkan suara dalam bentuk sinyal yang mengirim ke output dan biasanya mempunyai suara yang unik. Mari kita kupas perbedaannya lebih detail!.

Dari segi ukuran, digital piano lebih besar dibandingkan keyboard synthesizer karena ukuran dan jumlah keys yang disamakan dengan piano membuat dimensi digital piano lebih panjang dan lebar. Sedangkan keyboard synthesizer memiliki ukuran keys yang lebih kecil dan tidak seberat keys pada digital piano. Hal ini dikarenakan pengguna keyboard synthesizer lebih mengutamakan kostumisasi suara dari berbagai aspek dan dimensi.

nordstage

Fitur keyboard synthesizer biasanya lebih banyak jika dibandingkan dengan digital piano pada umumnya. Meskipun demikian, tidak semua digital piano mempunyai fitur standar. Fitur standar keyboard synthesizer adalah memiliki pengaturan berbagai fungsi yang lebih banyak dibandingkan dengan digital piano seperti OSC, Cutt Off, dan lain lain. Sedangkan piano lebih khusus ke voice dan pengaturan standar seperti dual, layer dan sebagainya.

Kebutuhan dari digital piano sendiri lebih banyak dan lebih umum digunakan sebagai pengganti piano konvensional, kebutuhan untuk pengajaran, live studiolive performance, produksi musik  dan lainnya sedangkan keyboard synthesizer  digunakan tidak sebanyak digital piano karena sifatnya lebih advance.

Tetapi, kedua alat musik ini sangat bisa dijadikan pelengkap untuk kebutuhan produksi  musik, ataupun live dengan penempatan yang berdekatan. Ada yang menggunakan 2 rangkap ataupun bersebelahan. Para profesional pun tidak jarang menggunakan 2 alat musik ini secara bersamaan dan biasanya sudah mempunyai riders-nya sendiri.

nordgrand

Seperti yang kita ketahui digital piano Nord Stage atau Nord Grand series merupakan kebutuhan digital piano dari berbagai musisi di seluruh dunia sehingga hal ini menjadikan Nord Stage atau Nord Grand series sebagai pilihan digital piano bagi para profesional yang terkenal sampai mancanegara. Nord Stage dan Nord Grand memiliki kualitas suara yang sudah terbukti karena tidak hanya Nord Stage dan Nord Grand Series yang menjadi primadonanya digital piano namun, Nord Lead dan Nord Wave pun tidak kalah terkenal akan kualitas suara dan penggunaannya yang dari kalangan profesional.

Sekarang sudah pahamkan perbedaan keyboard dan synthesizer? Kamu bisa pilih keyboard/synthesizer sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sumber gambar :

https://www.soundtech.co.uk/music-retail/nord/news/first-look-nord-grand

https://dedijkmusicstore.nl/product/nord-stage-88/ 


Leave a Reply

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.

X