Blog

M-Audio didirikan pada akhir 1990-an oleh Tim Ryan, seorang insinyur dan lulusan California Institute of Technology yang telah ikut merancang Con Brio Advanced Digital Synthesizer dan membantu mengembangkan perangkat lunak MIDI untuk komputer Commodore dan Apple, termasuk dua yang terbaik, Studio One dan Studio Two. Setelah mendirikan perusahaan sebagai Music Soft dan mengubah nama menjadi Midiman karena Yamaha Corporation telah memiliki hak atas nama Music Soft, Ryan memulai perusahaan mengenai solusi hardware yang dirancang untuk menghubungkan MIDI, audio, dan peralatan komputer bersama-sama untuk tujuan music production.

Midiman pertama kali memantapkan dirinya sebagai produsen MIDI yang terjangkau, sync devices, dan interface. Produk Midiman pertama diberi nama “Midiman,” sinkronisasi perekam MIDI ke tape, tetapi produk pertama yang mengalami kesuksesan adalah Syncman converter dan Syncman Pro VITC-to-LTC/MTC. Produk berikutnya yang perlu diperhatikan adalah rangkaian antarmuka MIDI Midisport dan Bi-Port yang jauh lebih sukses secara komersial daripada produk Midiman lainnya hingga saat ini.

Mengikuti kesuksesan komersial lini antarmuka MIDI, Midiman memperkenalkan konverter A/D/D/A Flying Cow dan Flying Calf, dan memasuki kategori produk antarmuka audio untuk pertama kalinya dengan DMAN 2044 4-input, 20-bit.

Midiman memasuki pasar pengontrol keyboard MIDI pada tahun 2002 dengan memperkenalkan Oxygen8 25-tombol portabel. Meskipun bukan pengontrol MIDI 25 tombol pertama atau pengontrol keyboard hemat biaya pertama dengan banyak kontrol MIDI perangkat keras, Oxygen8 menetapkan kategori baru pengontrol keyboard portabel, dan kategori produk yang signifikan untuk M-Audio di tahun-tahun mendatang. Di tahun yang sama, M-Audio masuk ke pasar speaker monitor studio dengan Studiophile SP5B. Belakangan pada tahun yang sama, Midiman secara resmi menamai ulang diri mereka sepenuhnya sebagai M-Audio, merek yang mereka gunakan untuk divisi audio mereka sejak 1999.

Pada tahun 2003, Midiman mengakuisisi Evolution Electronics LTD, produsen controller MIDI, sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki, dan terus menjual pengontrol dan keyboard MIDI bermerek Evolution. Tahun berikutnya, Avid Technology mengakuisisi Midiman, Inc. (yang saat itu menjalankan bisnis sebagai M-Audio). Tim Ryan melanjutkan dengan perusahaan sebagai manajer umum.

Setelah Avid membeli M-Audio, Digidesign dan M-Audio bekerja sama untuk merilis versi terbatas dari produk unggulan Digidesign, Pro Tools, yang kompatibel denganaudio hardware interface M-Audio yang terjangkau. Versi Pro Tools ini bernama Pro Tools M-Powered. Produk M-Audio ditujukan untuk penggemar home recording berbasis komputer, dengan menekankan pada portabilitas dan hardware controller untuk music software, seperti Trigger Finger, pengontrol pad MIDI USB yang menggunakan kisi 4×4, 16 pad trigger sound melalui MIDI, pengontrol iControl untuk GarageBand, dan audio control interface terintegrasi ProjectMix I/O. Ada 3 type keyboard controller dari M Audio adalah seri Oxygen, seri Keystation yang lebih terjangkau dan berfitur lebih sederhana, dan kemudian pengontrol keyboard MIDI USB seri Axiom premium.

audio interface tetap menjadi kategori dominan untuk M-Audio juga, dengan versi berkelanjutan dari interface PCI seri Delta, audio interface USB seri FastTrack, dan audio interface firewire seri ProFire. Demikian pula, monitor speaker studio tetap menjadi kategori yang kuat, dan termasuk seri Studiophile BX, seri Studiophile CX, dan monitor seri Studiophile DSM premium, bersama dengan speaker desktop seri AV yang ditargetkan untuk konsumen elektronik.

M-Audio juga memiliki kategori baru. Pada tahun 2005, M-Audio merilis Black Box, sebuah gitar proscessor dan audio interface dengan model ampli gitar, efek beat-synced, dan trek drum untuk rekaman berbasis komputer yang mereka kembangkan bersama dengan Roger Linn Design.

Pada pertengahan 2012, Avid menjual M-Audio ke inMusic. inMusic juga mengakuisisi IP dan tim teknik grup perangkat lunak AIR, yang bertanggung jawab atas instrumen virtual dan plug-in untuk platform perangkat lunak produksi audio Pro Tools.

Leave a Reply

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.

X